DAFTAR ISI
1. Prosedur
2. Hardware dan Diagram Blok
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
4. Flowchart dan Listing Program
5. Kondisi
6. Video Demo
7. Datasheet
MODUL 1: GENERAL INPUT-OUTPUT
Selasa, 5 Maret 2024
Laporan Akhir 1
1. Prosedur
a. Susunlah seperti rangkaian yang ada,
b. Buka Arduino IDE dan masukkan listing program,
c. Unggah program ke Arduino, dan
d. Variasikan tombol yang ditekan dan perhatikan keluarannya pada LCD
2. Hardware dan Diagram Blok
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
Cara kerja rangkaian ini adalah keypad digunakan sebagai input, sementara LCD berfungsi sebagai output. Saat tombol pada keypad ditekan, teks tombol tersebut akan ditampilkan di LCD. Sebagai contoh, ketika tombol 1 ditekan, LCD akan menampilkan "Tombol: 1". Hal yang sama berlaku untuk tombol pagar, bintang, dan tombol angka 0 hingga 9.
4. Flowchart dan Listing Program
#include <Keypad.h> // Memanggil library Keypad
#include <LiquidCrystal.h> // Memanggil library LCD
// Menentukan besaran keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); // Mendeklarasikan pin pin pada LCD
// Menentukan besaran dari keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Mengkoneksikan keypad ke pin arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Mendeklarasikan keypad ke arduino
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Membaca tombol yang di tekan
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// melakukan printing ke LCD tombol yang di pencet
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
5. Kondisi
Pada percobaan kali ini, kami melakukan percobaan ke-4 dengan menggunakan keypad dan LCD.
6. Video Demo
7. Datasheet
Unduh HTML di sini
Unduh Gambar Hardware di sini



0 Komentar